6 GANGGUAN KESEHATAN MENTAL

Halo sobat PKBI, Kesehatan mental merupakan kondisi sejahtera dimana setiap individu dapat mewujudkan potensi yang ada pada diri mereka sendiri, seseorang dapat mengatasi berbagai tekanan kehidupan yang normal sehingga aktivitas dapat lebih produktif dan bermanfaat bagi orang sekitar. Menjaga kesehatan diri kita baik luar maupun dalam sangat penting loh agar segala aktivitas kita dapat berjalan dengan baik, maka dari itu yuk kenali 6 gangguan kesehatan mental.

  1. Personality Disorder

Gangguan kepribadian atau Personality Disorder  merupakan salah satu gangguan mental yang banyak diderita oleh perempuan di bandingkan laki-laki, gangguan kepribadian umumnya dapat diderita oleh remaja sampai dewasa. adapun jenis gangguan kepribadian seperti Gangguan kepribadian antisosial, Borderline personality disorder, Gangguan kepribadian narsistik dan masih banyak lagi. gejala umum gangguan kepribadian seperti perasaan  selalu negatif, gelisah, tidak percaya orang lain, sulit mengendalikan prilaku dan Sering tidak mampu menjaga hubungan yang stabil dan dekat dengan orang lain, termasuk keluarga dan teman.

2. Panick Attack

Serangan panik atau panic attack merupakan suatu bentuk perasaan cemas dan  takut yang sangat hebat. Serangan panik sering kali terjadi ketika seseorang merasa cemas akan sesuatu hal dalam hidupnya atau pernah mengalami sesuatu yang amat sulit dan penuh stresSerangan panik dapat terasa amat menakutkan, khususnya bagi anak-anak, tetapi biasanya dapat dihentikan dengan penanganan. serangan panik dapat diatasi dengan mencoba untuk menenangkan diri secara perlahan  seperti berkonsentrasi untuk bernafasdan mencari tempat yang aman jauh dari kerumunan.

3. Anxiety

Gangguan kecemasan atau anxiety merupakan  gangguan yang membuat si penderita merasa cemas berlebihan sehingga menimbulkan rasa khawatir yang tidak kunjung reda dan  dapat menimbulkan masalah. Perasaan cemas dapat timbul ketika menghadapi situasi yang menimbulkan stres. perasaan tersebut dapat menimbulkan rasa takut dan khawatir, jika perasaan tersebut tak kunjung hilang dan mengganggu aktifitas sehari-hari maka dibutuhkan dukungan dari tenaga profesional di bidang kesehatan mental 

4. Sleep Disorder

Gangguan tidur atau sleep disorder merupakan gangguan yang dapat diderita oleh siapa saja. kondisi ini dapat merubah cara tidur seseorang sehingga mempengaruhi kualitas tidur yang berdampak pada masalah kesehatan seperti kelelahan. ada beberapa jenis gangguan tidur seperti Insomnia, Sleep apnea dan lainnya. penyebab dari gangguan tidur ini adalah kebiasaan buruk sebelum tidur, penyakit mental, masalah kesehatan, dan  konsumsi obat yang mengandung kafein.  

5. Depressive

Gangguan suasana mood atau Depressive merupakan gangguan susasan hati (mood) seperti perasaan sedih yang mendalam dan kehilangan minat untuk hal-hal yang disukai. ciri-ciri depressi seperti misalnya rasa ceman dan khawatir yang berlebihan, emosi yang tidak stabil dan rasa putus asa  serta frustasi. gangguan ini jika masih terus berlanjut dengan rentang waktu yang panjang harus segera ditangini oleh ahli kesehatan mental. Lakukan psikoterapi atau terapi psikologis, untuk membantu mengatasi masalah akibat depresi .

6. Social Axiety Disorder

Gangguan kecemasan sosial atau Social Anxiety disorder merupakan kecemasan sosial yang berlebihan penderita dapat mengalami ketakutan yang begitu ekstrem dalam suatu situasi sosial yang melibatkan performa tertentu. Ini lebih sering terjadi pada situasi yang benar-benar asing atau kamu merasa akan diawasi dan dinilai oleh orang lain. penyebab gangguan ini adalah ketakutan untuk diawasi, dinilai oleh orang lain, atau ketakutan mempermalukan diri sendiri di mata umum.

jangan lupa like, komen dan follow @pkbibengkulu

IG : https://www.instagram.com/p/CneBl5tJRla/?utm_source=ig_web_copy_link

#16/01/23#PKBIBengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *