SUDAH KENA, MASIH BISA SEMBUH??

MARI BERBICARA MENGENAI INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS)

Infeksi menular seksual merupakan suatu penyakit yang menular melalui hubungan intim. ada beberapa penyakit infeksi menular seksual seperti chlamydia, gonore, sifilis, herpes, HPV, dan HIV. Penyakit tsb dapat menimbukan gejala yang membuat penderita merasa tidak nyaman.  seseorang yang telah terkena penyakit tersebut sering merasa takut dan bertanya-tanya apakah penyakit  ini bisa disembuhkan atau tidak.

TIDAK SEMUA PENYAKIT IMS BISA SEMBUH

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat lebih dari 30 Bakteri, virus dan parasit penyebab infeksi menular seksual. dari penyakit infeksi menular seksual terdapat beberapa yang bisa disembuhkan seperti sifilis, gonore, klamidia, dan trikomoniasis. penyakit tersebut yang disebabkan oleh bakteri bisa disembuhkan dengan terapi obat antibiotik. Tetapi untuk penyakit yang disebakan oleh virus seperti herpes, hepatitis B,  kutil kelamin dan HIV tidak bisa disembuhkan dengan antibiotic.

TERUS GIMANA KALO GAK BISA SEMBUH

Tenang dan jangan khawatir gejala penyakit tersebut bisa dikurangi dan diringankan sehingga penderita masih bisa beraktivitas seperti biasa. penyakit IMS yang tidak bisa di sembuhkan seperti herpes, hepatitis B, atau kutil kelamin dapat di kontrol agar tidak mudah kambuh dan tidak bertambah parah dengan terapi obat antivirus. Untuk penderita HIV sampai saat ini belum ada obat untuk sembuh total. namun penyakit ini bisa dikontrol agar kualitas hidup si penderita meningkat dengan terapi obat HIV seumur hidup.

Gejala Infeksi menular seksual (IMS) harus bisa diketahui sejak dini, itulah pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. untuk yang sudah terkena penyakit menular seksual diharuskan untuk melakukan pengobatan sejak dini sebelum terlambat karena yang peduli terhadap kesehatan kita adalah diri kita sendiri. jika bingung dan malu bertanya terkait kesehatan reproduksi PKBI bengkulu dapat memberikan Layanan Konsultasi & Konseling Kesehatan Seksual dan Reproduksi.

Jangan lupa like,komen, dan follow @pkbibengkulu

IG : https://www.instagram.com/p/CnV4qzOpoTV/?utm_source=ig_web_copy_link

#13/01/2023#pkbibengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *