KOLABORASI PKBI DAN LPKA MEWUJUDKAN PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2023 DI LPKA KLAS II BENGKULU

Bengkulu, 22 Juli 2023 PKBI bengkulu berkolaborasi dengan LPKA Klas II Bengkulu dalam mengadakan kegiatan peringatan hari anak nasional tahun 2023 yang dilaksanakan di aula LPKA Bengkulu. PKBI bekerja untuk anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) melalui program inklusi. PKBI terus memberikan dukungan  pemenuhan hak-hak anak yang sedang menjalani pembinaan di LPKA. Terus memberikan dorongan kepada anak untuk dapat terus berpartisipasi dalam setiap kegiatan positif.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan pemenuhan hak anak berhadapan dengan hukum yakni hak partisipasi. Dalam kegiatan ini ABH berperan aktif dalam kegiatan terutama berpartisipasi dalam kepanitiaan untuk menjadi petugas acara sebagai MC, pembaca al-Quran, serta pembacaan doa. Tak hanya itu ABH juga menampilkan seni dol, pramuka (baris berbaris) dan pencak silat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Bengkulu Bapak Ahmad Junaidi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa jika anak memiliki skill maka bangsa indonesia akan menjadi bangsa yang berhasil. Beliau mengharapkan bahwa anak-anak di LPKA ini dapat menjadi anak yang berhasil nantinya setelah keluar dari LPKA sehingga dapat membanggakan kedua orang tuanya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur eksekutif PKBI Daerah Bengkulu, Dukcapil Kota Bengkulu, Kabid PPA DP3AP2KB Kota Bengkulu dan Kepala Jurusan BK Universitas Bengkulu, serta dihadiri oleh 22 orang wali dari anak didik LPKA Klas II Bengkulu.

Dalam Kegiatan ini Direktur eksekutif PKBI Daerah Bengkulu Bapak Abdul Salim menyampaikan dalam sambutannya ucapan terimakasih kepada orang tua ABH dan para undangan yang telah menyempatkan hadir, serta rasa bangganya kepada ABH yang telah sangat berpartisipasi dalam kegiatan ini dan menampilkan penampilan-penampilan terbaik mereka.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat meriah disambut dengan antusias orang tua dan anaknya penuh haru dan bahagia yang tidak dapat diuangkapkan. Para ABH melakukan sungkeman kepada orang tua masing-masing sebagai bentuk perrmintaan maaf dan penyesalan atas perbuatan yang pernah mereka lakukan. Serta  harapan baik yang akan mereka wujudkan kedepannya menjadikan suasana ruangan diselimuti oleh tangis haru dari orang tua. Serta adanya perlombaan joket balon antara ABH dan orangtua yang berjalan sangat meriah.

Diakhir acara dilakukan pembagian hadial untuk ABH yang telah memenangkan perlombaan volly, karaoke dan serial diskusi yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juli 2023 lalu. Serta pembagian hadiah untuk orang tua dan ABH yang telah memenangkan perlombaan joget balon.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *