Pencegahan Penyalagunaan Narkotika pada Anak dibawah umur

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Belajar II LPKA Kelas II, Bentiring Kec. Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu 381199 yang di ikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari andik. Kegiatan ini membahas tentang pencegahan penyalahgunaan narkotika pada anak di bawah umur. Membahas apa saja jenis-jenis narkotika dan golongannya. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dipandu oleh moderator Fitria Dama Yanti dan mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya Mardyansyah putra.

Pemaparan materi oleh narasumber disampaikan dengan sangat menarik menampilkan power point sehingga andik menikmati jalannya kegiatan dengan tenang. Narasumber menjelaskan tentang apa itu narkoba? Mardy menyampaikan bahwa Narkoba menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 merupakan “ zat atau obat yang berasal dari tanaman/ bukan baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan/ perubahan kesadaran, hilang nya rasa, mengurangi sampai menghiangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan”.
Mardy pun menjelaskan bahwa dampak dari penggunaan narkotika khususnya rokok yang merupakan bagian dari narkotika yang banyak digunakan oleh orang. Dampak yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan rokok diantaranya rambut rontoh atau botak, mata katarak atau rabun, tuli atau kerusakan pendengaran, paru-paru hitam, gigi cokelat atau kekuningan, bau mulut, stroke, tulang keropos, merusak kulit atau penuaan dini, kanker, dan lainnya.

Banyak anak di bawah umur yang telah menggunakan rokok, termasuk para andik. Saat mereka ditanya apakah pernah merokok, keseluruhan menjawab pernah bahkan bukan hanya rokok minum beralkohol pun mereka pernah mengkonsumsinya. Sehingga saat Mardy menjelaskan mengenai dampak dari merokok, meminum minuman beralkohol dan jenis narkotika lainnya mereka begitu mendengarkan dengan antusias. Diharapkan pula dari materi ini dapat merubah pola piker andik agar tidak lagi merokok dan mengonsumsi jenis narkotika lainnya, karena dampak yang akan ditimbulkan sangat berbahaya terlebih mereka masih remaja, dapat merusak sistem fungsi syaraf otak.
Diujung diskusi Mardy dan teman-teman dari pupan menampilkan beberapa video dari BNN dan Pupan mengenai dampak dan bahaya penggunaan narkotikaa, andik menonton dan menyimak video dengan sangat serius, mereka begitu antusias menonton tayangan yang sedang di putar.
Untuk menghilangkan kebosanan mardy juga memberikan games menarik dengan meminta andik berdiri kemudian saling memijit pundak temannya, kemudia games kedua dengan cara mengikuti gerakan dan perintah yang diberikan dari mardy dengan membagi andik menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok berisikan 10 orang. Kelompok yang gagal atau kalah akan diberikan hukuman. Hukuman yang diberikan berupa melakukan senam ceria, andik begitu antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Sebelum menurut kegiatan, Ria meminta satu andik untuk kembali memaparkan sedikit materi yang telah disampaikan. Kemudia refaldo menjelaskan sedikit tentang jenis-jenis narkotika dan bahayanya. Setelah itu barulah kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *