Perlukah Edukasi Seks Untun Remaja?

Berbicara terkait hal -hal yang berbau seksual masih sangat tabu di Indonesia, banyak orang beranggapan bahwa pembahasan mengenai seks edukasi sangat memalukan dan bersifat vulgar. Dikutip dari Journal of The American Academy of Pediatrics, baik anak-anak maupun remaja perlu menerima pendidikan yang akurat tentang seksualitas. Hal tersebut sangat penting agar mereka dapat mengetahui terkait prilaku seksual sehingga terhindar dari pelecehan seksual.

Seks edukasi bukan hanya mengajarkan tentang hubungan seksual tetapi juga untuk mengenali fungsi tubuhnya disini peran orang tua sangat dibutuhkan. Kebanyakan orang tua merasa tabu dan  bingung untuk menjelaskan terkait seks edukasi Menurut ahli dari University of Sydney, orangtua sebaiknya bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan seks pada anak. Mulai dari bagaimana tubuh bekerja, jenis kelamin, ekspresi seksual, dan nilai-nilai lainnya.

Mengapa diperlukan seks edukasi untuk remaja?

  1. Menghindari pelecehan seksual

Para remaja harus tau pentingnya menjaga otoritas atas tubuhnya sendiri, mereka harus menyadari bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. dengan adanya edukasi tersebut mereka bisa menjadi lebih berhati-hati.

2. Paham dengan bagian seksual pada tubuhnya

Remaja memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar jika tidak ada yang memberikan pengetahuan mengenai edukasi seks mereka bisa saja terpengaruh terhadap lingkungan yang tidak sehat. dengan adanya edukasi seks remaja dapat memilah apa boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

3. Terlindung dari pergaulan bebas

Edukasi seks tidak hanya mengenai hubungan seksual tetapi juga dampak yang ditimbulkan. para remaja juga harus tau penyakit menular seksual seperti HIV dan lainnya. mereka harus tau cara menjaga kesehatan organ reproduksi dengan demikian resiko terjadinya kehamilan diusia dini.

#3/02/23

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *