4 FAKTA DAN MITOS MENSTRUASI

Halo sobat pkbi, udah 2023 masih percaya sama mitosss?? Terutama untuk para ladies nih udah tau belum mitos2 pada saat menstruasi atau udah terdoktrin sama mitos tersebut? Hmm yuk simak penjelasan dibawah ini..

  1. Gak boleh keramas nanti sakit kepala!!

Mitos : Sakit kepala disebabkan karena keramas pada saat menstruasi

Fakta : Sakit kepala pada saat menstruasi bukan disebabkan oleh keramas loh, faktanya hal tersebut bisa terjadi pada wanita yang sedang menstruasi akan tetapi hal tersebut dapat disebabkan oleh Sindrom Premenstrual.

2. Mau lancar menstruasi? minum minuman bersoda!!

Mitos : Minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi dan menstruasi akan cepat selesai

Fakta : Peneliti menegaskan bahwa tidak ada korelasi antara minuman bersoda dengan kelancaran menstruasi. Faktanya menstruasi yang tidak lancar disebabkan oleh hormon yang bertugas mengatur siklus menstruasi tidak seiimbang, perubahan berat badan atau karena stres.

3. Jangan minum Air Dingin Nanti Darah Haid Beku!!

Mitos : Minum minuman yang dingin dapat membuat darah menstruasi menjadi beku sehingga memperlambat menstruasi!

Fakta : hal ini sering kali kita dengar dikalangan para wanita. dapat kita ketahui bahwa menstruasi berhubungan dengan  organ reproduksi, sedangkan minuman  berhubungan dengan organ pencernaan. menstruasi yang terlambat datang dapat disebabkan oleh masalah dinding rahim, hormonal, dan masalah psikologis.

4. Jangan Berenang, Nanti Berceceran!!

Mitos : Berenang saat menstruasi dapat mengotori kolam renang karena darah haid yang keluar akan mengotori kolam renang.

Fakta : Faktanya disaat wanita yang sedang menstruasi berenang tekanan air di dalam kolam renang akan menghambat darah keluar selama kamu berada di dalam air. disarankan untuk  menggunakan Tampon.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *