KAMPANYE KESEHATAN REPRODUKSI MELALUI SOSIAL MEDIA

Media sosial saat ini telah menjadi trend dalam komunikasi pemasaran. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content” Beberapa contoh media sosial yang sedang berkembang saat ini yaitu Instragam, Twitter, Line, Facebook, Youtube, dan lain-lain.

Isu kesehatan reproduksi menjadi salah satu focus isu yang selalu digaungkan oleh PKBI Bengkulu. Dalam situasi pandemic saat ini, kampanye isu melalui pertemuan tatap muka sangat sulit untuk dilakukan. Sehingga perlu dilakukan terobosan agar semua informasi masih bisa tersampaikan kepada public. Terobosan yang dilakukan oleh PKBI Bengkulu adalah bagaimana mengemas isu Kesehatan reproduksi dengan menggunakan media sosial sebagai alat untuk mengkampanyekan kepada public.

Untuk mengoptimalkan penggunaan sosial media serta bagaimana cara memproduksi konten kreatif yang dapat diterima dan bernilai jual di sosial media di era digital ini, PKBI Bengkulu melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan media sosial. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam mengoptimalkan sosial media terkait kampanye isu Kesehatan reproduksi.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari (26-29 januari 2022) berjumlah 20 orang terdiri dari perwakilan remaja dan komunitas. Kegiatan dilaksanakan di aula CCRR Jl. Kapuas Raya No. 15 Kota Bengkulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *